topmdi

Shopping di Madinah

In Jalan2 on December 2, 2007 at 12:33 am

 Saya kurang terlalu faham dengan urusan per-shopping-an di Madinah al Munawaroh, tapi menurut obeservasi saya di radius 2 km Masjid Nabawi banyak sekali tempat perbelanjaan yang bisa dikunjungi. Yang paling mudah adalah di Al Taiba Shopping Center (keluar dari pintu utama langsung belok kiri), shopping centernya lumayan besar seperti ITC Ambassador atau ITC Cempaka Emas tapi lebih kecil, ada food courtnya tapi kecil sekali dan nggak banyak makanan yang dijual disini. By my surprise ada Burger King outlet (letaknya di luar menghadap ke jalan besar menuju Masjid Nabawi) rasanya enak cuman ya itu porsinya besar sekali…..

Kearah Selatan Masjid Nabawi juga ada banyak pertokoan, saya sendiri tidak mampir kesini, saya agak malas shopping karena penjualnya mencoba bahasa Indonesia yang nggak keruan dan bahasa Inggris sikit-sikit jadi kita agak susah. Paling enak kalau ketemu toko yang pemiliknya orang Indonesia asli (bukan keturunan), tinggal pilih barang jumlah nanti ditawar – kalau perlu pakai bahasa daerahnya dia, soalnya saya ketemu toko di Al Taiba shopping center yang dimiliki orang dari Subang jadi waktu belanja pakai bahasa Sunda saja, bisa dapat harga murah.

Seperti saya jelaskan di atas, disekitar makam Al Baqi juga banyak pertokoan saya juga tidak mampir kesini kecuali ke kios buku yang menjual poster dan kartu pos di ujung jalan.

Di sebelah kanan jalan kalau kita keluar Masjid Nabawi juga banyak pertokoan yang berderet ke ujung Timur sampai anda ketemu lagi jalan raya.

Jika anda berjalan lurus setelah keluar dari Masjid Nabawi menyusuri jalan utama maka 2 blok dari gerbang utama, anda bisa juga menemui pasar tradisional Arab di sebelah kiri perempatan besar. Sepanjang jalan itu juga banyak toko-toko souvenir, tapi buat jemaah wanita yang mencari pakaian khas Arab (Abaya) maka beberapa toko di depan hotel Sabanel al Madina ada toko pakaian wanita dengan harga yang cukup lumayan. Untuk berbelanja emas saya tidak tahu, tapi menurut informasi yang saya terima katanya emas di Madinah al Munawaroh ini termasuk terbaik kadarnya maupun cara pembuatan perhiasannya, kalau tanya harganya saya tidak tahu karena titel panggilan saya mas sudah lebih dari cukup.

Katanya bagi yang senang shopping, Madinah al Munawaroh adalah surga belanja dengan kualitas barang yang lebih baik dari Makkah tetapi harganya lebih murah, jadi selamat berbelanja deh tapi jangan lupa tujuan Arbainnya siapa tahu saking asik tawar menawar emas sholat sudah mulai kan rugi kita.

Oh ya, kalau yang suka bawa oleh-oleh kurma silahkan belanja dari pasar kurma yang jaraknya sekitar 2-3 km dari Masjid Nabawi. Saya sendiri tidak ikut ke pasar ini soalnya di depan hotel saya Sanabel al Madinah banyak toko kurma dengan harga yang kurang lebih sama. Pasar kurma bisa dicapai dengan menggunakan taksi, tapi buat jemaah yang mau pergi kesana dengan taksi terutama wanita sebaiknya mengajak jemaah pria. Jika naik taksi prosedurnya jemaah pria dulu yang naik baru jemaah wanita, sebaliknya waktu turun jemaah wanita dulu baru yang terakhir jemaah pria. Memang tidak sopan tapi ini safety reason, karena kalau jemaah wanita sendirian naik taksi atau masih ketinggalan di dalam taksi sementara teman-temannya sudah keluar, jemaah wanita ini bisa-bisa dibawa kabur sama sopir taksinya. Hiiiiii….. Bagi saya membawa oleh-oleh kurma itu dilema karena berat dan makan tempat di koper meskipun harganya murah, tetapi lebih dilematis lagi kalau bawa oleh-oleh emas kopernya kosong biarpun berat tapi dompet atau kartu kredit ngebul….he..he..he…

[tulisan RGO]

Leave a Reply

