topmdi

Al Nabawi

In Info Masjid on December 1, 2007 at 1:22 am

pmm.jpg

Merupakan pusat kegiatan dikota Madinah, keistimewaan masjid Nabawi ialah adanya makam Nabi kita Muhammad SAW, Abu Bakar dan Umar didalamnya, tempat makam ini gampang ditandai dari luar karena kubah hijau besar terletak diatasnya dan merupakan satu-satunya kubah yang berwarna hijau, juga terletak Raudah dekat makam Nabi Muhammad SAW yang dipercaya nantinya merupakan bagian dari taman di surga.

qubba.jpg

Dibawah Kubah Hijau ini terletak makam Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar dan Umar.

Nabawi adalah Masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya di tengah kota Madinah. Pembangunannya dimulai pada bulan Rabiul Awal tahun 1 H (September 662M) setelah beliau hijrah dari Mekah ke Yastrib (nama Madinah dulu).

Perletakan batu pertama dilakukan oleh Nabi SAW diikuti oleh Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali dan pada awalnya Masjid ini sangat kecil yaitu hanya sekitar 1050 m2 saja. Tiang-tiang dibuat dari batang kurma sedangkan penerangannya dari pelepah kurma yang dibakar.
Masjid ini berapa kali terbakar dan kemudian diperbaiki kembali.

Menurut buku Mirat-I Madinah, pertama kali dibangun panjang masjid 29m dan lebarnya 25m.

Dua bulan sebelum perang Badar, pada bulan Rajab tahun kedua, setelah adanya perintah merubah arah kiblat maka pintu masjid dirubah dari dinding utara ke dinding selatan yang dinamakan pintu Bab-ut-tawassul dan luas masjid menjadi 1764m2 (42m x 42m).

Selama pemerintahan Walid bin Abdulmalik tahun 781M panjang masjid menjadi 126 dan lebar 76m, kemudian pada tahun 1955 panjangnya menjadi 128m dan lebar 91m.
Masjid Nabawi mempunyai 5 pintu utama, 2 terletak di sebelah barat yang dekat arah kiblat disebut Babussalam dan pintu satu lagi terletak didekat pojok utara disebut Baburrahma. Sisi timur Masjid tidak terdapat pintu, dekat dinding sebelah selatan terletak Bab Jibril yang berlawanan arah dengan Baburrahman.

Dalam perjalanannya Masjid ini mengalami berbagai perkembangan besar. Bulan Safar 1405 H (Nov 1984M) Raja Fahd meletakan batu pertama projek perluasan Masjid yang akan menjadi Masjid termegah sepanjang sejarah.

Pembangunannya baru dimulai tepat 1 tahun kemudian yaitu oktober 1985 dengan menggusur semua bangunan yang ada sekitar Masjid berupa pertokoan, pasar, hotel dan gedung bertingkat yang sudah berusia ratusan tahun silam dengan ganti kerugian yang sangat mahal.

Sebuah majalah bahkan menyatakan harga tanah disana mencapai SR 250.000/m2 atau sekitar USD67.000, padahal harga tanah di kawasan elite New York hanya USD26.000 saja.

nabawi.jpg
Penggusuran pertama seluas 100.000m2 dan diatas tanah tersebut dibangun Masjid baru seluas 82.000m2 yang mengitari dan menyatu dengan bangunan yang sudah ada dan dengan tambahan ini maka luas Masjid menjadi 98.000m2 yang mampu menampung sekitar 167.000 jemaah sekaligus dilantai dasar.

Lantai atasnya dapat menampung 90.000 jemaah dan apabila ditambah dengan halaman Masjid bisa mencapai 650.000 jemaah pada hari biasa dan lebih dari 1.000.000 pada musim haji atau bulan ramadhan.

Untuk pengaturan udara dalam Masjid yang sangat luas ini dibuat 27 ruangan terbuka dengan ukuran 18x18m yang mengagumkan ada 9 buah atap Masjid berbentuk kubah yang dapat terbuka dan tertutup secara manual atau otomatis.

Biasanya kubah ini dibuka setelah sembahyang Zuhur, udara segar mengalir dan masjid tidak terasa panas. Setiap kubah mempunyai berat sekitar 80 ton terbuat dari kerangka baja dan beton yang dilapisi kayu pilihan dengan hiasan relief yang sangat indah.

Untuk menyejukan seluruh ruangan didalam Masjid dibangun satu unit AC central raksasa diatas tanah seluas 70.000m2 yang letaknya 7 km sebelah barat Masjid.

Hawa dingin disalurkan melalui pipa bawah tanah dan didistribusikan ke setiap penjuru Masjid melalui bagian bawah dari setiap pilar yang berjumlah 2104 buah.

Sebelum diperluas, Masjid ini hanya punya 4 menara namun sekarang setiap pojok ada menara baru sehingga jumlahnya menjadi 10 buah termasuk 2 menara besar yang mengapit pintu gerbang utama.

Dipuncak semua menara yang tingginya 104m terdapat ornamen bulan sabit dari bahan perunggu dilapis emas murni 24 karat dengan tinggi 7m dan berat 4.5 ton.

Diketinggian 87m dipasang sinar laser yang memancarkan cahaya kearah Mekah sejauh 50Km untuk menunjukan arah kiblat dan dinyalakan pada waktu tertentu terutama waktu solat.

Pada bagian tengah Masjid terdapat 2 ruang terbuka yang setiap ruangan dilengkapi enam buah payung artistik hasil perpaduan arsitektur modern dan teknologi canggih dan dapat digerakan secara otomatis untuk membuka dan menutupnya. Payung ini anti api dan batang payung juga berfungsi sebagai saluran AC.

Jangan khawatir kalau rindu minum air zam-zam karena seperti di Masjid Haram, disinipun banyak sekali terdapat tempat minum air zam-zam, saya tidak bisa membayangkan bagaimana mereka mengalirkan atau membawa air zam-zam dari Mekah kesini dengan jarak 450km.

Dibawah Masjid ada tempat parkir mobil untuk lebih dari 10.000 mobil dengan jalan akses langsung ke luar kota Madinah sehingga tidak mengganggu lalu lintas sekitar Masjid, luar biasa sekali konstruksi masjid ini dan secara arsitektur sangat modern, entah Teknologi level berapa kalau ikut istilah pak Riyanto
.

  1. Subhanalloh…….
    Bawa kami ke sana yaa Rabb……
    amin…

  2. Subhanallah,,,,,,,
    Allahu akbar,,,,,,,
    I luph Islam,,,,,,,,

  3. makam nabi muhamad dimananya dari masjid?apakah didalamnya atau di luar masjid?

  4. Allahuakbar…Allahuakbar…Allahuakbar…Ya Allah berikanlah saya rejeki untuk bisa menunaikan Rukun Islam yang ke 5..hamba ingin menginjakkan kaki di tanah sucimu..ingin menempelkan hidung di batu hajarulaswat..amin ya Allah..

  5. yaallah izinkanlah hamba menjejakkan kaki kesana.amin..amin..yarobbal’alamin

  6. ya alla brikan lah kami rejeki agar kami dapat melihat langgsung rumahmu…

    amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: