topmdi

In Haji on November 29, 2007 at 5:27 am

Menjelang Kembali ke Jakarta

Minggu, 23 Januari 2005
Pagi hari jam 8:30 saya jalan kaki sekitar Hotel Holiday Inn dengan Martin saat kota Jedah masih belum menggeliat bangun dan ramai, Jalanan sepi sekali dan suasana seperti kota di Amerika saja, tampak bersih dengan jalanan yang sangat luas.
Siangnya jam 15:00 rombongan kami check out dan meninggalkan hotel terus berwisata menunggu waktu berangkat pesawat, kami pergi ke pantai Laut Merah, disana kami melihat Masjid Terapung (sebetulnya Masjid ini berdiri diatas air laut ditepi garis pantai, saat air laut pasang kelihatannya Masjid ini seperti terapung diatas pantai laut Merah).
Jam 17:00 rombongan kami bergerak menuju Bandara King Abdul Aziz untuk kembali ke Indonesia.
Cukup lama proses disini, mengurus koper dan barang bawaan yang umumnya tidak cukup 2 koper lalu air zam-zam buat oleh-oleh, antri pemeriksaan passport sambil menunggu pesawat Garuda (menggunakan penerbangan regular GA 9812) yang akan membawa kami kembali ke Jakarta yang rencananya berangkat jam 23:00 tetapi mundur sampai lebih dari 1 jam, baru jam 00:15 kami bisa terbang.
Seperti saat keberangkatan, karena saat jemaah haji belum saatnya pulang maka kami masih menggunakan terminal penumpang biasa bukan di terminal haji.
Jangan lupa, biasanya kita diberi kenang-kenangan kitab suci Al-Quran di bandara oleh pemerintah Arab Saudi.

Senin, 24 Januari 2005
Akhitnya setelah terbang sekian lama kami mendarat di bandara Sukarno Hatta jam 15:00 dan rombongan kami ternyata merupakan rombongan pertama jemaah haji Indonesia yang kembali ke tanah air tetapi karena bukan kloter resmi maka tidak ada penyambutan dari pejabat pemerintah (resminya baru tanggal 27 januari), yang penting keluarga dan teman-teman sudah ada di Bandara saat itu.
Keluar dari Bandara menggunakan terminal biasa cukup lama juga menunggu barang kami keluar, terutama air zam-zam yang sudah diberi nama masing-masing saat di bandara King Abdul Aziz.
Selesailah sudah ibadah haji saya … Semoga Allah menerima semua doa dan harapan saya menjadi Haji Mabrur. Amin …
Ya Allah, semoga suatu saat Engkau mengijinkan aku kembali berkunjung ke rumahMu yang Indah, penuh keagungan dan penuh Rachmat.

Kesimpulan saya :
Ibadah Haji adalah ibadah fisik sekaligus penyerahan diri pada NYA, siapkan fisik anda sebaik mungkin dan pasrahlah terhadap apa yang mungkin akan terjadi. Jangan pikirkan apa yang terjadi di Tanah air atau keluarga anda yang dirumah.
Kalau anda punya keinginan, mintalah pada NYA, dia Maha Pendengar dan Maha Baik yang akan mengabulkan permintaan anda selama itu tidak melanggar pantangannya, saya membuktikan itu.
Sabar dan maklumi saja apabila anda menemukan kejadian aneh, tingkah laku aneh yang mungkin kalau terjadi di Indonesia bisa menjadi polemik agama tetapi disana itu biasa. Misalkan pindah atau bergeser tempat saat melakukan sembahyang atau menghalangi jalan dengan tangan saat kita melewati orang yang sedang sembahyang atau kejadian aneh lainnya.
Jangan memaksakan diri melakukan ibadah sunah kalau anda tidak kuat. Fokus saja pada ibadah wajib dan Wukuf di Arafah yang memastikan haji tidak nya seseorang.
Hati-hatilah dengan barang bawaan anda, walaupun di Tanah Suci tetapi yang namanya maling ya banyak juga, apalagi kalau kita lengah karena sedang melakukan sesuatu. Saat berpakaian Ihram tentunya sangat kesulitan kalau bawa barang berharga, bawalah tas kecil untuk memuat barang kita, asal jangan menyolok.
HP yang berkamera belum lama diijinkan dibawa masuk Masjid Haram atau Nabawi, dulu tidak boleh padahal di Indonesia sebagian telpon sudah ada kameranya.
Bayarlah segera “dam” kalau anda melanggar pantangan, karena kalau tidak maka bersiaplah anda mengalami sesuatu. Ini bukan menakuti tetapi saya melihat beberapa teman serombongan yang bandel mengalami sesuatu yang menyebabkan mereka harus mengeluarkan uang sebesar “dam” tersebut.
Berangkatlah selagi anda mampu, ada kesehatan dan pasrah … Insya Allah niat anda akan terkabul. Wassalam ……